Senin 20 May 2013 20:38 WIB

Darmin Nasution: Benahi Bank-Bank Bermasalah

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani
Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan mengatakan peran BI saat ini dalam pengawasan perbankan sudah sangat baik. Tak ada satupun bank di dalam negeri ini yang luput dari pengawasan.

Menurut Darmin, cara terbaik untuk mengatasi bank bermasalah adalah dengan mempelajari bank bermasalah itu. "Betulkan bank itu. Benahi bank itu," katanya. Lebih lanjut, Darmin mengatakan banyak pekerjaan rumah untuk sektor perbankan yang belum selesai dan pastinya akan diemban oleh Gubernur BI yang baru.

Darmin mencontohkan penetrasi perbankan melalui konsep bank tanpa cabang (branchless banking) saja tidak cukup. Jadi, BI perlu terus mengembangkan sistem pembayaran.

"Konsep ini sangat diperlukan oleh masyarakat kecil kita. Misalnya, petani-petani di remote area yang memerlukan akses perbankan untuk memasarkan hasil-hasil pertaniannya," ujar Darmin di Gedung BI Jakarta, Senin (20/5).

Konsep branchless banking, katanya, sangat tepat untuk menyasar sektor mikro yang masih membutuhkan akses perbankan yang besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement