Senin 20 May 2013 07:09 WIB

Yahoo Sepakat Beli Tumblr 1,1 Miliar Dolar AS

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
tumblr
tumblr

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Manajemen Yahoo akhirnya menyepakati pembelian situs layanan blog, Tumblr dengan nilai hingga 1,1 miliar dolar AS. Akuisisi tersebut akan diumumkan Senin ini (20/5) waktu setempat. 

Jika kesepakatan tersebut dikonfirmasi, maka hal itu akan menjadi yang terbesar sejak CEO Marissa Mayer mengambil kemudi Yahoo pada Juli 2012. Baik Yahoo maupun Tumblr belum memberi komentar. 

Berdasarkan ketentuan akuisisi, Tumblr akan terus beroperasi sebagai usaha mandiri. Perusahaan tersebut saat ini dijalankan David Karp, pemuda 26 tahun yang mendirikan Tumblr pada 2007. Dia diperkirakan tetap berada dalam jabatannya saat ini. 

Harga 1,1 miliar tersebut dinilai signifikan karena valuasi Tumblr mencapai 800 juta dolar AS. BBC melaporkan Tumblr menggabungkan blog dengan jejaring sosial dan desain yang sederhana. Saat ini, tumblr telah menjadi rumah bagi 108 juta blog dengan total 50,7 miliar posting.

Pada April tahun lalu, Tumblr membuka iklan terbatas dan hanya meraup pendapatan 13 juta dolar AS. Namun, tidak jelas apakah kesepatan dengan Yahoo akan menghasilkan lebih banyak iklan di situs tersebut. 

Yahoo sendiri telah dikunjungi sekitar 700 juta pengunjung setiap bulan. Mayoritas pendapatannya dari iklan. Selama 2012, mereka telah mempekerjakan lebih dari seribu pekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement