Jumat 17 May 2013 21:56 WIB

Produksi Gula Kelapa di Purbalingga Capai 90 Ton per Hari

Rep: Eko Widyanto/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Gula kelapa produksi Purbalingga
Foto: PURBALINGGA.OLX.CO.ID
Gula kelapa produksi Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Kabupaten Purbalingga, selama ini dikenal sebagai salah satu sentra penghasil kelapa di Provinsi Jawa Tengah. Kepala Bidang Agro pada Dinperindagkop setempat, Sukwanto, mengatakan dengan predikat itu, pembuat gula kelapa di Purbalingga bisa menghasilkan  90 ton per hari. 

''Jumlah produksi sebebesar itu, dihasilkan sekitar 18 ribu unit usaha gula kelapa yang tersebar di beberapa wilayah di Purbalingga,'' jelasnya, Jumat (17/5).

Selain di luar produksi gula kelapa, saat ini pihaknya juga saat sedang membina beberapa perajin gula kelapa tersebut, untuk memproduksi gula serbuk organik yang bahan bakunya juga berasal dari nira kelapa. Pelatihan sekaligus pemberian bantuan untuk produksi gula serbuk ini dilakukan secara bertahap.

"Tahun ini, kita menargetkan bisa membina sekitar 300 penderes yang juga sebelumnya menjadi produsen gula kelapa, agar bisa mendiversifikasi usahanya menjadi produsen gula serbuk organik,'' jelasnya.

Terkait dengan upaya pengembangkan produsen gula kelapa tersebut, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop), sebanyak 6 kelompok perajin gula kelapa mendapatkan bantuan peralatan produksi. Bantuan diserahkan oleh Wakil Bupati Purbalingga, Jumat (17/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement