Kamis 02 May 2013 14:58 WIB

Alam Sutera Bangun Gedung Pencakar Langit 50 Lantai

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Gedung pencakar langit di Jakarta/Ilustrasi
Foto: Antara
Gedung pencakar langit di Jakarta/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Alam Sutera Realty Tbk akan membangun sebuah gedung tinggi di kawasan Central Business Distric (CBD) Gatot Subroto. Gedung perkantoran tersebut akan dibangun 50 lantai. "Kami sudah memasang tiang pancang gedung," ujar Sekretaris Perusahaan Hendra Kurniawan di Jakarta, Kamis (2/5).

Gedung 50 lantai ini merupakan bagian dari proyek pembangunan dua kavling oleh perseroan. Gedung tersebut akan dibangun di atas lahan seluas sembilan ribu meter persegi di kavling 12. Sedangkan satu proyek lain adalah kavling 22 dengan luas lahan delapan ribu meter persegi.

Kedua proyek akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama perseroan menyelesaikan lebih dulu pembangunan gedung di kavling 12. Diperkirakan waktu pengerjaan gedung pencakar langit tersebut selama 30 bulan. "Kami menganggarkan dana sekitar Rp 1 triliun untuk kavling 12," kata Hendra.

Di sisi lain perseroan menganggarkan dana sebesar Rp 6 triliun untuk belanja modal hingga 2015. Belanja modal tersebut akan dipakai salah satunya untuk proyek gedung di segitiga emas Jakarta tersebut. Selain itu perseroan juga akan melakukan penyelesaian proses akuisisi lahan di wilayah Alam Sutera Utara.

Perseroan membebaskan lahan seluas 300 hektare (ha). Sekitar 130 ha merupakan pembebasan tanah kosong. Sisanya merupakan pembelian tanah dari salah satu perusahaan terbuka. Biaya per meter untuk pembebasan tanah mencapai Rp 500 ribu sampai Rp 1 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement