Ahad 28 Apr 2013 21:28 WIB

Harga Karet di Sumsel Anjlok

Rep: Maspril Aries/ Red: Citra Listya Rini
Pengepul getah karet
Foto: Edwin/Republika
Pengepul getah karet

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Petani karet di Sumatra Selatan (Sumsel) mengeluhkan anjloknya harga jual komoditas perkebunan tersebut. Anjloknya harga karet tersebut sudah begerak sejak sepekan terakhir.

Seperti di Kabupaten Banyuasin, harga jual karet di tingkat petani di daerah ini Rp 12 ribu per kg untuk karet kualitas bagus dan dan Rp 11 ribu kg untuk kualitas standar. 

Namun, sepekan terakhir harga getah karet turun dan berada pada kisaran di bawah harga Rp 10 ribu per kg. Menurut seorang petani karet di Rantau Bayur, Banyuasin, selam dua pekan terakhir harga karet terjun bebas. 

Sebelum harga karet kualitas bagus sudah mencapai Rp 7.000 perkg, untuk sementara getah karet kualitas standar Rp 5.500-6.000 per kg. 

Anjloknya harga karet juga dirasakan petani di Kota Pagaralam. Saat ini harga getah karet anjlok menjadi Rp 4.000 per kg, padahal sebelumnya mencapai Rp 7.000 per kg. Di Pagaralam harga jual karet sempat mencapai Rp 13 ribu hingga 15 ribu per kg.  

Akibat anjloknya harga tersebut menurut seorang petani Azhar, banyak petani tidak melakukan panen getah karet dalam beberapa pekan terakhir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement