Senin 22 Apr 2013 21:58 WIB

Pertamina Siap Jual BBM Dua Harga 26 April

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Mansyur Faqih
Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu SPBU Pertamina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina siap menjual BBM bersubidi dengan konsep dua harga 26 April mendatang. Meski keputusan resmi kapan dual prize ini diberlakukan belum pasti, BUMN itu berujar segala persiapan akan matang dalam empat hari ke depan.

"Pertamina sudah siap," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya saat ditemui, Senin (22/4). Dikatakannya semua kelengkapan SPBU dan sistem sudah selesai dipasang 26 April mendatang.

Soal pembagian SPBU pun, ia menuturkan Pertamina sudah menentukan lokasi penjual BBM bersubsidi untuk dua harga yang ditetapkan. Ini dilakukan bersama PH Migas, Kementerian ESDM, dan Hiswana Migas.

"Untuk premium, kurang lebih 45 persen akan ke SPBU mobil pribadi," katanya. Sedangkan 55 persen lain, akan disalurkan ke SPBU khusus kendaraan umum dan roda dua.

Hal ini berbeda dengan solar. Hanya 10 persen solar yang akan disalurkan untuk kendaraan pelat hitam sedangkan 90 persen lain akan ke kendaraan umum dan roda dua.

"Kita juga sudah buat skenarionya," ujar dia. 

Namun sayangnya, ia belum mau mepaparkan jelas rincian lokasi-lokasi SPBU berada.

Terkait pengamanan, Hanung juga mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Menurutnya polisi akan ditempatkan untuk menjaga setiap SPBU.

"Kurang lebih mereka akan ada satu bulan," jelasnya.  Namun, dikatakannya, bisa saja ini dipercepat bila kondisi di lapangan memungkinkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement