Senin 22 Apr 2013 16:35 WIB

Bandara Juanda Bakal Beroperasi 24 Jam

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Nidia Zuraya
Bandara Juanda, Surabaya
Bandara Juanda, Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Internasional Juanda Surabaya bakal beroperasi 24 jam. Menurut General Manager Bandara Juanda Surabaya Trikora Harjo, Angkasa Pura I selaku operator bandara tengah mematangkan pembahasan ini.

"Kita sudah membahas tentang ini," katanya saat ditemui seusai Aerospace Awards, Senin (22/4). Trikora menambahkan, pembicaraan dengan maskapai penerbangan dan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) sudah dilakukan.

Ia pun optimistis keputusan akan segera dibuat akhir 2013. Dikatakannya dengan pengoperasian bandara selama 24 jam penuh, lalu lintas penerbangan di bandara tersebut bisa meningkat signifikan menjadi 500 penerbangan per hari dari sebelumnya sekitar 360 penerbangan.

Saat ini Bandara Juanda beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB. Di 2012, total penumpang Bandara Juanda tercatat sebanyak 16,5 juta penumpang atau over 6,5 juta penumpang dari kapasitas yang ditentukan.

Sementara itu, terkait dengan pembangunan Terminal 2 Bandara Juanda Trikora mengaku saat ini pengerjaan konstruksi terus dikebut. "Kita targetkan kelar November," jelasnya.

Kini, ujarnya, proses pembangunan sudah sekitar 50 persen. Beberapa fasilitas seperti parkir, apron, rumah genset dan garbarata sudah selesai dibangun.

Ke depan, ia menuturkan AP I juga tengah mempertimbangkan pembangunan Terminal 3 bandara. Kapasitas bandara yang sudah tak mampu menampung penumpang menjadi penyebab.

Sebelumnya, pembangunan Terminal 2 Bandara Juanda memakan dana Rp 946 miliar. Diharapkan terminal ini bisa menampung enam juta penumpang, empat juta penumpang domestik dan dua juta penumpang internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement