Jumat 19 Apr 2013 14:24 WIB

Tempuran Emas Targetkan Pendapatan 2013 Naik 19 Persen

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk menargetkan pertumbuhan pendapatan jasa sebesar 19 persen dari tahun lalu. Per akhir Desember 2012 perseroan membukukan pendapatan jasa senilai Rp 1,086 triliun.

Pendapatan jasa di tahun 2012 ini meningkat 11,8 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pendapatan jasa perseroan mendorong perolehan laba bersih sebesar Rp 119,9 miliar atau naik 357 persen dari tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan Ferdy Suwandi mengungkapkan tingginya perolehan laba bersih disebabkan oleh penjualan aset perseroan, yaitu dua unit kapal yang dinilai tidak lagi produktif. "Kapal tersebut sudah berusia di atas 30 tahun," ujar Ferdy, Jumat (19/4). Nilai penjualan kedua kapal tersebut mencapai Rp 10-20 miliar.

Untuk mengganti dua kapal yang dijual, perseroan membeli sembilan kapal baru. Dua kapal dibeli bekas dari Jepang dan sampai ke Indonesia pada kuartal pertama tahun lalu. Sedangkan tujuh kapal sisanya merupakan kapal baru yang dibeli dari Cina.

Tahun ini perseroan masih akan meremajakan dua kapal lain yang usianya di atas 30 tahun. Setidaknya ada dua kapal yang akan diganti dengan kapal baru. Kecuali itu perseroan belum akan membeli kapal baru tahun ini. "Kami ingin mengoptimalkan kinerja kapal yang baru saja dibeli," ujar Ferdy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement