Rabu 17 Apr 2013 15:08 WIB

Hatta: Tak Ada Kelangkaan Pasokan Bahan Pokok

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Nidia Zuraya
bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional
Foto: Musiron/Republika
bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memastikan tidak ada kelangkaan pasokan bahan pokok di seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dalam konferensi pers seusai memimpin rapat koordinasi kebijakan stabilisasi harga pangan pokok, Rabu (17/4). 

Hatta mengatakan harga mayoritas komoditas hortikultura berdasarkan pemantauan tim ekonomi pemerintah menunjukkan tren penurunan. Khususnya pada bawang merah dan bawang putih.  "Sangat signifikan turunnya," tuturnya.

Data Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, saat ini harga rata-rata bawang merah berada di kisaran Rp 41.200 per kilogram (kg). Sementara harga rata-rata bawang putih turun hingga menjadi Rp 26.600 per kg. Sedangkan beras berada di kisaran Rp 8.000 per kg. Harga beras relatif stabil mengingat produksi mencukupi. 

Hatta mengharapkan produksi dalam negeri mampu memenuhi stok untuk gudang Bulog setara dua juta ton. Bulog, sambung Hatta, diharapkan mampu menyerap beras petani dengan harga pokok pembelian yang ditetapkan. Apabila ternyata penambahan beras untuk rakyat miskin (raskin) harus dilakukan akibat adanya perubahan cuaca ataupun penyebab lain, ia mengatakan stok dua juta ton adalah acuan pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement