Rabu 17 Apr 2013 12:14 WIB

IMF Naikkan Proyeksi Pertumbuhan ASEAN-5

Peta ASEAN
Foto: confluence.furman.edu
Peta ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Dana Moneter Internasional (IMF) telah menaikkan prediksi pertumbuhan ekonomi untuk Filipina, Indonesia, dan negara-negara lain yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations-5 (ASEAN-5). Dalam World Economic Outlook terbaru (WEO), seperti yang dilaporkan ABS-CBN News di Manila, Rabu (17/4), disebutkan IMF memproyeksikan ASEAN-5 akan mengalami pertumbuhan 5,9 persen tahun ini, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar 5,5 persen pada Januari sesuai yang WEO Update.

Namun, prospek pertumbuhan ASEAN-5 untuk tahun depan telah dipangkas menjadi 5,5 persen dari 5,7 persen. Selain Filipina, ASEAN-5 terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Tahun lalu, ASEAN-5 mencatat pertumbuhan ekonomi 6,1 persen, atau mengalami lonjakan signifikan dari 4,5 persen pada 2011.

Namun kondisi tersebut berbeda dengan ekonomi global. Terkait dengan pertumbuhan ekonomi dunia, IMF telah menurunkan proyeksi tahun ini menjadi 3,3 persen dari perkiraan 3,5 persen pada Januari. Perkiraan tahun depan pertumbuhan ekonomi dunia juga telah dipangkas menjadi 4 persen dari 4,1 persen. "Prospek ekonomi global telah meningkat lagi tapi jalan menuju pemulihan bagi negara maju akan tetap bergelombang," kata IMF.

Pertumbuhan ekonomi dunia telah dipatok sebesar 3,2 persen tahun lalu, turun dari 4 persen pada 2011. "Permintaan konsumen muncul semakin kuat di Amerika Serikat, tetapi masih sangat lamban di kawasan Eropa. Di pasar negara berkembang aktivitas ekonomi semakin marak," kata laporan tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement