Rabu 03 Apr 2013 06:10 WIB

Raksasa Teknologi Jepang Tergerus Revolusi Digital

Rep: Friska Yolanda/ Red: Dewi Mardiani
Kantor Sony (ilustrasi)
Foto: ALL VOICES
Kantor Sony (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Raksasa Teknologi Jepang Tergerus Revolusi Digital. Di tahun 1990-an elektronik Jepang menguasai dunia. Sebut saja Sony, Panasonic, dan Sharp. Ketiganya adalah elektronik yang sangat familiar dalam rumah tangga. Namun kini ketiga raksasa teknologi tersebut tengah kritis. Mereka tak berdaya di tengah gempuran raksasa teknologi lain, sebut saja Apple Inc dan Samsung Electronics Co.

Dulu di kereta bawah tanah Jepang hampir semua anak muda mendengarkan musik melalui walkman keluaran Sony. Namun hari ini mereka justru menikmati musik dari iPhone dan Samsung.

Kehancuran raksasa Jepang juga terlihat dari rapor merah perusahaan. Sony misalnya membukukan keuntungan sangat kecil tahun ini sejak 2008. Panasonic diperkirakan membukukan kerugian 9 miliar dolar. Sharp kehilangan uang begitu cepat dan dinilai tidak akan mampu bertahan satu tahun lagi tanpa suntikan besar uang tunai.

Ekonom yang berbasis di Tokyo Gerhard Fasol menyebutkan raksasa Jepang mulai melemah akibat revolusi digital.  "Sony walkman adalah contohnya. Walkman adalah perangkat yang murni mekanis sedangkan hari ini Anda harus memiliki model bisnis yang sama sekali berbeda," ujar Fasol seperti dilansir laman Reuters, Selasa (2/4).

Revolusi digital tidak hanya mengubah cara perangkat elektronik bekerja, tetapi juga mengubah cara mereka dibuat. Model manufaktur ikut bergeser seiring dengan perpindahan produksi perusahaan ke negara berbiaya rendah. Hal ini mendorong tekanan besar pada margin perusahaan Jepang.

Struktur industri telah berubah dalam sekejap mata. Jika sebuah perusahaan tidak mampu melakukannya, maka perusahaan tersebut harus siap gulung tikar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement