Selasa 02 Apr 2013 21:11 WIB

Sepuluh Waralaba AS Niat Masuk Indonesia

Waralaba, ilustrasi
Waralaba, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepuluh merek waralaba asal Amerika Serikat berniat masuk ke pasar Indonesia pada 2013.

"Ada 10 franchise AS yang kebanyakan bergerak dalam bidang makanan dan minuman (F&B) serta ada juga dalam bidang pendidikan pada tahun ini akan masuk ke Indonesia," kata Ketua Dewan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Amir Karamoy di Jakarta, Selasa (2/4).

Menurut dia, kesepuluh waralaba tersebut hanya akan membuka gerai maksimal 250 gerai di Indonesia sesuai dengan Permendag Nomor 7 Tahun 2013 yang mengatur pembatasan jumlah gerai. "Mereka tidak mau repot. Mereka akan bangun 250 gerai lalu setop," katanya.

Menurut dia, peraturan dalam Permendag yang membatasi jumlah gerai waralaba maksimal 250 gerai tersebut masih belum mampu melindungi pengusaha lokal. "Karena 250 itu besar lho, McDonald saja sejak tahun 1990-an, belum mencapai 250 cabang di Indonesia," katanya.

Dikatakannya, bila Kemendag ingin mendorong kemajuan pengusaha kecil dan menengah, seharusnya pembatasan waralaba dilakukan berdasarkan jumlah provinsi di Indonesia. "Jadi tiap provinsi, satu gerai, lebih dari satu harus diwaralabakan atau penyertaan modal," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement