Selasa 26 Mar 2013 03:53 WIB

Harry Azhar Azis: Peluang Agus Terpilih 70-30

Harry Azhar Azis
Foto: Republika
Harry Azhar Azis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Harry Azhar Azis mengatakan peluang Agus Martowardojo untuk terpilih adalah 70-30, namun bukan berarti mantan Direktur Bank Mandiri itu akan langsung terpilih dalam rapat internal Komisi XI pada Selasa (26/3).

"Saya kira dengan fit and proper ini semakin besar untuk bisa terpilih. Setelah presentasi ini tetap ada dua kemungkinan aklamasi atau voting. Kalau aklamasi ada beberapa catatan yang mesti jadi pertimbangan," ujar dia, di Jakarta, Senin (25/3).

Dalam uji kepatutan dan kelayakan tersebut, calon tunggal Gubernur BI Agus Martowardojo memaparkan makalah berjudul 'Penyelarasan dan Penguatan Bank Indonesia Menuju Bank Sentral yang Kredibel dan Terpercaya untuk Mendukung Pembangunan Masyarakat Indonesia yang Berkesinambungan.'

Delapan hal yang ditawarkan Agus Martowardojo apabila terpilih sebagai Gubernur BI, antara lain memperkuat kerangka kebijakan moneter, mendorong stabilitas sistem keuangan, dan memperkuat peran BI sebagai otoritas sistem pembayaran.

Kemudian, memperkuat koordinasi antara pemerintah dan BI dalam kerangka manajemen aset dan kewajiban, mendorong keuangan inklusif, mendorong perkembangan perbankan syariah, peningkatan kerja sama di forum internasional, dan meningkatkan tata kelola BI.

Sedangkan dalam sesi tanya jawab dengan anggota DPR, Agus Martowardojo menghadapi pertanyaan mulai dari kebijakan suku bunga, laju inflasi, nilai tukar, keberpihakan pada sektor riil, defisit transaksi berjalan, perbankan syariah, koordinasi dengan OJK, dan asas resiprokal.

Agus menjanjikan akan menerapkan asas resiprokal atau prinsip kesetaraan antara perbankan asing dengan nasional, dan melakukan komunikasi serta membuat kesepahaman dengan negara asal perbankan luar negeri yang beroperasi di Indonesia.

"Kita harus melakukan resiprokal, kalau tidak resiprokal, Indonesia tidak belajar dari cara-cara memajukan bangsa yang baik. Tapi caranya kita akan bicara dengan negara-negara pemilik bank itu dan kita mesti bikin nota kesepahaman dari negara-negara yang punya bank tersebut," ujar dia.

Namun, ia belum memberikan ketegasan terkait wacana pembatasan 99 persen kepemilikan asing atas bank domestik hingga 40 persen, karena investor luar negeri tersebut masuk atas inisiatif pemerintah.

"Saya menghormati 99 persen karena dia datang dengan resmi, dan saya kalau menjaga kepentingan nasional kita, harus konsisten. Nanti ini akan kita perbaiki tapi perlahan-lahan," ujar Agus yang saat ini masih aktif sebagai Menteri Keuangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement