Rabu 06 Mar 2013 17:01 WIB

Aqua Bangun Pabrik Baru di Solok

Rep: niken paramitha/ Red: Taufik Rachman
Logo baru aqua
Logo baru aqua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat, Aqua akan membuka pabrik barunya di Solok, Sumatera Barat. Pabrik baru ini diperkirakan akan mulai beroperasi pada kuartal pertama tahun ini.

"Pembangunan ini 90 persen lebih yang bekerja di situ adalah tenaga lokal. Yang lainnya hanya tenaga ahli yang kita datangkan," kata Troy Pantouw, Corporate Commuication Director AQUA.

Pembangunan pabrik baru ini akan menjadi pabrik Aqua yang ke-17. Pabrik baru ini nantinya tidak hanya akan memenuhi kebutuhan nasional melainkan juga kebutuhan lokal di Sumatera. "Harga Aqua di kota-kota Sumatera itu sangat tinggi, karena masalah pengiriman dan transportasinya," katanya.

Pembangunan pabrik baru ini juga diprediksi akan mengurangi angka kelangkaan Aqua di hari-hari khusus. Seperti menjelang lebaran. "Kita antisipasi titik-titik di gudang tapi karena permintaan juga tinggi jadi nggak bisa memenuhi," tambah Troy.

Troy mengatakan harga satu galon Aqua di wilayah Sumatera bisa mencapai Rp 20.000 ribu.

Sayangnya Troy enggan membeberkan nilai investasi atas pembangunan pabrik tersebut. Troy juga tidak ingin menyebutkan berapa kapasitas produksi pabrik baru ini.

Untuk target tahun ini, Troy menyatakan ada kenaikan pertumbuhan sekitar dua persen menjadi 16-17 persen. "Share Aqua saat ini sekitar 40 persen dari 300 merek air minum dalam kemasan," kata Troy Pantouw.

Saat ini pasar terbesar Aqua masih ada di wilayah Jabodetabek. Yakni sebesar 70 persen dari pasar AMDK. Terbesar kedua, paling banyak permintaan Aqua di wilayah Jawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement