Senin 04 Mar 2013 21:29 WIB

Laba Bersih Elnusa Tumbuh 400 Persen

Rep: Friska Yolandha/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
PT Elnusa Tbk
Foto: kppt.kebumenkab.go.id
PT Elnusa Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Elnusa Tbk mencatat pertumbuhan laba pada Desember 2012 sebesar 399 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Laba bersih tumbuh dari merugi Rp 43 miliar menjadi Rp 128 miliar.

"Peningkatan laba didorong oleh kinerja operasional perseroan yang membaik dan berbagai langkah perbaikan," ujar Head of Corporate Communication Elnusa Sri Purwanto di Jakarta, Senin (4/3).

Pada 2012 perusahaan fokus pada peningkatan perseroan. Oleh karena itu meskipun pendapatan usaha hanya tumbuh satu persen, perseroan mampu mendongkrak laba yang sangat signifikan.

Perbaikan struktur biaya, pemilihan pelanggan, dan manajemen proyek yang ketat mampu menekan porsi beban pokok penjualan terhadap pendapatan usaha dari sebelumnya di level 94 persen menjadi 88 persen. Perseroan mencatat beban pokok pendapatan turun lima persen dari Rp 4,4 triliun menjadi Rp 4,2 triliun.

Penurunan beban itu berdampak pada lonjakan marjin laba kotor dari sebelumnya sebesar 6 persen menjadi 12 persen. Marjin laba usaha anak usaha Pertamina ini naik dari negatif 0,5 menjadi 5 persen dan marjin laba bersih naik dari negatif 1 persen menjadi tiga persen.

Sri menambahkan peningkatan kualitas kerja perseroan juga direfleksikan pada kualitas arus kas bersih dari aktivitas operasi yang meningkat dari Rp 340 miliar menjadi Rp 537 milia atau tumbuh 58 persen.

"Dengan adanya turnaround program yang telah dilakukan kami yakin dapat mempertahankan stabilitas kinerja yang positif," ujar Sri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement