Ahad 03 Mar 2013 13:13 WIB

Interupsi Golkar untuk Cagub BI Agus Martowardoyo

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Harry Azhar Azis
Foto: Republika
Harry Azhar Azis

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir dipastikan Komisi XI DPR menerima calon Gubernur BI, Agus Martowardoyo yang menjadi satu-satunya calon dari Pemerintah. Hal itu tidak lantas, membuat para anggota dewan melepaskan serangkaian pertanyaan yang disematkan kepada mantan dirut Bank Mandiri tersebut. 

Sama halnya dengan Fraksi PDI Perjuangan. Fraksi Partai Golkar juga menerima dengan catatan pertanyaan. Wakil Ketua Komisi XI dari Fraksi Partai Golkar, Harry Azhar Azis, mengatakan ada dua interpretasi yang menyertai pencalonan Agus.

Pertama, Presiden tak lagi membutuhkan Agus sebagai Menkeu. Kedua, SBY menganggap Agus laik dinaikkan pangkatnya menjadi Gubernur BI.

"Barangkali, Presiden mengharapkan tingkat koordinasi fiskal dan moneter lebih baik dengan pencalonan Agus. Sedangkan posisi Menkeu adalah domainnya Presiden, dia bisa pilih siapa saja usai itu," kata Harry, kepada Republika, Ahad (3/3).

Saat ini, Komisi XI setidaknya diisi sekitar 50 anggota. Sebanyak 11 anggota dari Fraksi Demokrat, 10 anggota dari Fraksi Golkar, sembilan anggota dari PDIP, enam anggota dari PKS, empat anggota PAN, ditambah dari anggota fraksi lainnya yang jumlahnya di bawah lima angota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement