Jumat 01 Mar 2013 16:41 WIB

Pertamina Terbitkan Global Bond

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Nidia Zuraya
SPBU Pertamina
Foto: Republika/Wihdan
SPBU Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) bakal menerbitkan global bond (obligasi global). Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan menegaskan BUMN itu bakal menerbitkan surat utang global 2013.

"Ada (global bond), namun kita tidak ingin sampaikan sekarang karena akan ada spekulasi," katanya pada wartawan, Jumat (1/3).

Direktur Perencanaan, Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Afdal Bahaudin membenarkan adanya rencana penerbitan global bond. Namun harus melalui  persetujuan Gubernur BI, Menteri Pekonomian, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN.

"Meski sudah menunjuk book runner, kalau tidak disetujui yang tidak bisa," ujarnya.

 

Soal berapa besar nilai global bond yang akan diterbitkan Pertamina, Afdal enggan menuturkan. Terkait apakah global bond diterbitkan sekali atau berkelanjutan, ia pun mengatakan hal itu tergantung strategi perseroan nanti.

Sementara itu, dilansir dari Bloomberg, Pertamina sudah menunjuk tiga bank asing untuk menerbitkan global bond. Mereka antara lain Citigroup, Barclays dan Royal Bank of Scotland (RBS).

Sebelumnya di 2012 dan 2011, Pertamina juga menerbitkan global bond senilai 1,5 miliar dolar AS. Dana yang berhasil dihimpun antara lain digunakan untuk akuisisi sejumlah blok seperti di  Angola, Cepu dan West Madura, Jawa Timur.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement