Rabu 27 Feb 2013 11:22 WIB

Affirm, Sang Pesaing Paypal

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Paypal
Foto: Ilustrasio
Paypal

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Co-founder pembayaran online raksasa Paypal, Max Levchin meluncurkan bisnis saingan Paypal, Affirm, Selasa (26/2) waktu setempat. Peluncuran ini bertujuan untuk menyaingi bisnis pembayaran online yang kini bertumbuh sangat pesat.

Mengutip situs resmi perseroan, teknologi Affirm dinilai lebih menguntungkan karena dapat dilakukan melalui ponsel smartphone dan perangkat mobile lainnya. Affirm menggunakan laman Facebook untuk mengkonfirmasi identitas pengguna. Sehingga dengan log in ke akun Facebook, mereka akan menerima aplikasi Affirm.

Paypal yang dimiliki oleh eBay Inc merupakan juara dalam pembayaran online. Namun perseroan saat ini sedang menghadapi persaingan dengan perseroan di bidang yang sama seperti Square Inc.

Levchin mendirikan Paypal bersama Peter Thiel sebelum dibeli oleh eBay. Paypal telah menjadi pionir pembayaran online di seluruh dunia, namun dikritik karena dinilai tidak ramah dengan user.

Levchin melihat peluang tersebut dan membuat saingan Paypal. Affirm memudahkan pengguna dengan memasukkan pilihan pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank dan cek. Hal ini tidak ditawarkan di Paypal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement