Selasa 26 Feb 2013 23:29 WIB

Jambu Biji Bandung Miliki Prospek Cerah di Pasar Ekspor

Rep: Ghalih Huriarto/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Jambu biji
Foto: Republika
Jambu biji

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Kualitas buah-buahan dari Kabupaten Bandung tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Salah satu buah-buahan yang memiliki kualitas baik adalah jambu biji.

Komoditas jambu biji banyak diminati pasar luar negeri. Saat ini ada dua  negara yang menjadi tujuan ekspor yakni Singapura dan Uni Emirat Arab, tepatnya Dubai.

Ketua Kelompok Tani Tirta Mulya Kabupaten Bandung, Abdurahman Sidik mengatakan budidaya jambu biji yang dilakukan di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung cukup menjanjikan. Dalam sepekan, Kelompok Tani Tirta Mulya dapat mengekspor jambu hingga dua kali dengan jumlah 500 kuintal.

"Saya lihat prospeknya cukup bagus. Dengan jumlah ekspor sebanyak itu, semakin besar keinginan kami untuk mengembangkan terus budidaya jambu biji," ujarnya, Selasa (26/2).

Menurut dia, kualitas jambu biji di Kabupaten Bandung berjenis getas merah lebih bagus dibanding buah serupa di beberapa wilayah lain di Jawa Barat. Kualitas itu  dapat dilihat dari daging buah lebih tebal dengan kulit berwarna hijau yang bagus.

 "Kualitas jambu biji kami lebih diterima. Saat ini kami kerjasama tersebut dilakukan bersama eksportir asal Kabupaten Bandung yaitu PT Alamanda Sejati Utama," kata dia.

Sidik mengatakan, dalam kurun dua tahun, ekspor jambu terus meningkat, dimana setiap tahun peningkatan mencapai 10 persen. Harga jambu yang dijual untuk ekspor pun lebih mahal dibandingkan dijual ke pasar lokal.

Satu kilogram jambu dibandrol dengan harga Rp 4.500 - 5.000. Sedangkan untuk pasar lokal dijual Rp 3.500 per kilogram. "Produksi jambu didapat dari 250 pohon dengan luas 3,5 hektare. Tahun ini kami targetkan produksi jambu getas bisa meningkat hingga 15 persen," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement