Jumat 22 Feb 2013 14:44 WIB

Inflasi Februari Diprediksi 0,3-0,4 Persen

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Nidia Zuraya
Inflasi, ilustrasi
Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Agus Martowardojo memperkirakan inflasi Februari 2013 akan berada di kisaran 0,3 hingga 0,4 persen. Demikian disampaikan Agus saat ditemui di kantor Kemenkeu, Jumat (22/2). 

"Di bulan ini kita harapkan inflasi akan lebih rendah (dibandingkan Januari)," tutur Agus. 

Agus menjelaskan, inflasi Januari 2013 yang mencapai titik 1,03 persen menjadi perhatiannya.  "Kita cukup kaget itu di atas satu persen," ujarnya.

Meskipun demikian, besaran inflasi tersebut dinilai relevan dengan kondisi Januari 2013 yang didominasi oleh cuaca buruk yang berujung pada banjir di sejumlah daerah di Tanah Air.

Lebih lanjut, mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini menyebut target inflasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 sebesar 4,9 persen merupakan tantangan tersendiri untuk dapat dikelola. "Tapi kita optimistis 4,0 persen masih bisa kita capai."

Terkait pengaruh kenaikan harga elpiji tabung 12 kg terhadap inflasi, Agus tidak berkomentar. Sebagai gambaran, realisasi inflasi sepanjang 2012 mencapai 4,3 persen.  Angka tersebut lebih rendah dibandingkan target sebesar 5,3 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement