Rabu 20 Feb 2013 06:42 WIB

Indonesia-Turki Harapkan Neraca Perdagangan Meningkat

Turki, ilustrasi
Turki, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Perdagangan Turki-Indonesia (Turkish-Indonesian Trade Association/TITA) mengharapkan kerja sama antara kedua negara mampu meningkatkan neraca perdagangan yang dihimpun keduanya.

"Diharapkan neraca perdagangan Indonesia-Turki yang saat ini mencapai dua miliar dolar AS, dalam tiga tahun ke depan bisa mencapai lima miliar dolar AS," kata Ketua Umum TITA Aip Syarifuddin dalam pertemuan anggota TITA di Jakarta, Selasa (19/2) malam.

Menurut dia baik Indonesia maupun Turki memiliki potensi yang besar dalam bidang ekonomi. Jika potensi itu bisa dimanfaatkan oleh pengusaha kedua negara, katanya, kesempatan emas bisa terbuka lebar untuk kedua pihak.

Oleh karena itu, katanya, perlu komunikasi yang baik antara kedua negara untuk mendukung kegiatan bisnis, sehingga pengusaha Turki dan Indonesia yang ingin berbisnis siap didukung pemerintah masing-masing. Potensi yang terbuka luas itu, menurut dia, juga didukung oleh faktor demografis jumlah penduduk di negara masing-masing.

Dia juga menilai ada banyak sektor ekonomi di Indonesia yang merupakan komplemen untuk Turki, begitu pula sebaliknya. Indonesia, misalnya, katanya, merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam yang bisa memenuhi kebutuhan industri di Turki. Indonesia dan Turki dinilai sebagai pintu gerbang yang penting untuk promosi perdagangan Eropa dan Afrika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement