Ahad 10 Feb 2013 14:44 WIB

Ini Dia Supermarket Pertama di Dunia

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Nidia Zuraya
Kasir di supermarket
Foto: M Syakir/Republika
Kasir di supermarket

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekarang ini keberadaan supermarket menjadi tempat yang sangat praktis untuk berbelanja.Mulai dari kebutuhan kecil hingga kebutuhan besar. Supermarket juga sekarang ini ada di setiap jalan. Lalu siapakah sebenarnya yang pertama kali mendirikan supermarket ?

Supermarket pertama ternyata didirikan oleh Michael J Cullen pada tanggal 4 Agustus 1930. Cullen mendirikan supermarket ini di Jamaica Queens, New York, Amerika Serikat. Cullen memberikan toko ini ini dengan nama “King Kullen”.

Saat mulai beroperasi Cullen juga menambahkan slogan “Timbun Sebanyak Mungkin, Jual Dengan Murah” pada supermarketnya. Pada saat kematian Cullen tahun 1936, sudah ada 17 toko King Kullen yang beroperasi. 

Sebenarnya sudah ada orang yang mencetuskan sistem self services pada sebuah toko. Yakni Clarence Saudders, dengan toko yang menjual beragam kebutuhan serta pemasaran nasional. Tapi Michael J Cullen-lah yang berhasil menciptakan supermarket sempurna dengan menambahkan ide baru seperti segmen makanan, diskon untuk produk makanan dan tempat parkir.

Sumber: uniknya.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement