Jumat 01 Feb 2013 12:00 WIB

Pangsa Pasar Tablet Samsung Melonjak Dua Kali Lipat

Rep: Nur Aini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Samsung Galaxy Tab 10.1
Foto: Techcnmarketing.com
Samsung Galaxy Tab 10.1

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Samsung Electronics Co mencatat kenaikan pangsa pasar komputer tablet hingga dua kali lipat pada kuartal keempat secara tahunan, mendekati rivalnya Apple Inc. Penjualan tablet di seluruh dunia melonjak hingga 52,5 juta unit pada periode tersebut.

Lembaga Penelitian IDC, mencatat pangsa pasar Samsung melonjak menjadi 15 persen dari awal tahun lalu hanya 7,3 persen. Sementara itu, pangsa pasar Apple turun dari 52 persen menjadi 44 persen.

Produk baru, harga yang terjangkau, serta masa liburan berkontribusi pada peningkatan permintaan komputer tablet. Produk Apple, iPad menghadapi persaingan ketat dengan tablet Samsung yang berbasis sistem dari Google Inc, Android dan Microsoft Corp, Windows 8. Sementara itu, posisi teratas pangsa pasar tablet masih dikuasai Apple yang meluncurkan iPad mini.

"Peluncuran produk baru meningkatkan minat konsumen dan permintaan yang kuat terjadi selama musim liburan, " ungkap Direktur Penelitian IDC, Tom Mainelli seperti dikutip Bloomberg, Jumat (2/1).

Rekor penjualan Samsung tersebut kontras dengan kondisi pasar PC yang permintaannya terus menurun. Meski demikian, harga saham Samsung tercatat menurun 0,4 persen dalam perdagangan di Seoul. Hal itu memperpanjang rekor penurunan harga saham tahun ini hingga 5,2 persen.

Sementara itu, harga saham Apple menurun 0,3 persen menjadi 455,49 dolar AS dalam perdagangan di New York kemarin. Penurunan itu juga merupakan kelanjutan dari anjloknya harga saham tahun ini sebesar 14 persen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement