Selasa 29 Jan 2013 10:40 WIB

Indonesia Air Segera Ramaikan Pasar LCC Domestik

Rep: Antara/ Red: Nidia Zuraya
  Pesawat maskapai Air Asia
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pesawat maskapai Air Asia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai swasta nasional Indonesia Air Transport segera beroperasi di Riau dan menerbangi rute Pekanbaru-Bandung, Jawa Barat, setiap hari mulai Februari 2013. Kehadiran Indonesia Air Transport sekaligus meramaikan moda transportasi udara berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) di dalam negeri yang sudah ada.

"Kebetulan Bandung dipilih karena pangsa pasar tidak terlalu menumpuk seperti di Jakarta dan mudah-mudahan awal Februari kami segera terbang dengan rute Pekanbaru-Bandung," ujar Station Manager Indonesia Air Tranport Pekanbaru Ericson Pasaribu, di Pekanbaru, Selasa (29/1).

Menurut dia, Indonesia Air memilih home base berada di Bandung sesuai dengan nama kotanya sebagai kota kembang dan tempat liburan bagi wisatawan domestik maupun luar negeri serta dikenal objek wisata dan berbelanja.

Rute Pekanbaru-Bandung menggunakan konsep LCC dengan pelayanan yang diberikan bersifat premium, sehingga pihaknya menargetkan keterisian penumpang (load factor) pada awal beroperasinya maskapai ini bisa mencapai 60 persen.

Peluncuran Indonesia Air seharusnya dilakukan pada akhir tahun 2012 lalu, tapi banyaknya yang harus dipersiapkan seperti aspek pesawat, kemudian masalah perizinan dan lain sebagainya.

Maskapai nasional ini akan menggunakan Airbus-320 untuk rute Pekanbaru-Bandung. Armada pesawat yang sama juga akan dipakai untuk rute Bandung-Balikpapan pergi pulang (pp), kemudian Bandung-Palembang pp, dan Bandung-Medan (pp).

"Satu pesawat sudah siap terbang dan dua pesawat lagi masi berada di hanggar menunggu proses perizinan dan estimasi kami pada tahun ini empat sampai lima pesawat Airbus-320 sesuai undang-undang penerbagan," katanya.

Indonesia Air Transport bernaung dibawah MNC Group dan salah satu penerbangan yang sudah go public. Di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Indonesia Air akan menghadapi saingan yang lebih dulu ada melayani rute Pekanbaru-Bandung tiga kali dalam sepekan yakni Air Asia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement