Kamis 24 Jan 2013 10:35 WIB

Samin Tan Didepak Dari Bumi Plc?

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Kantor Bumi Plc di London, Inggris.
Foto: Reuters
Kantor Bumi Plc di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dengan dukungan dari pemegang saham Wallace King yakin dirinya akan mendepak Samin Tan dari kursi tertinggi Bumi Plc. Wallace King merupakan nama yang disebut-sebut Nathaniel Rothschild sebagai chairman Bumi Plc yang baru.

Jajaran direksi dan pemegang saham telah menyetujui pertemuan di Bulan Februari. Pertemuan tersebut akan membahas kelanjutan nasib Bumi Plc dan mengganti jajaran direksi dengan anggota baru.

"Kami akan memenangkan pengambilan suara," ujar King mengacu dugaan penyelewengan dana di Bumi Plc. Ia menilai sudah sangat jelas ada transaksi mencurigakan di dalam perusahaan tersebut.

Saat ini Bumi memiliki sejumlah isu serius yang mendesak dituntaskan. King meyakini hal ini akan menjadi tantangan baginya untuk mengeluarkan perusahaan dari masalah tersebut serta meningkatkan kembali nilai kepemilikan pemegang saham.

King merupakan CEO perusahaan konstruksi terbesar di Australia, Leighton Holdings Ltd. Ia telah bekerja di perusahaan yang berbasis di Sydney tersebut selama 23 tahun sebelum akhirnya pensiun di 2010. Ia dan Rothschild telah bertemu dengan para pemegang saham untuk membangun dukungan sebelum pemungutan suara.

"Kami bertemu beberapa investor di London," ujar King. Mereka melihat isu yang ada saat ini dan menginginkan keluar dari masalah tersebut.

Juru bicara Bumi dan Samin Tan di London menolak memberikan keterangan. Bumi menyatakan pekan ini akan mencoba memulihkan dana yang hilang melalui penyelidikan oleh firma hukum Macfarlanes LLP.

sumber : Businessweek
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement