Jumat 11 Jan 2013 23:07 WIB

2013, Nilai Tukar Dolar Diprediksi Tembus Rp10.000

Rupiah (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Rupiah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan bisa menembus angka Rp10 ribu per dolar pada 2013. Ekonom dari Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan melontarkan prediksinya di Jakarta, Jumat (11/1).

"Dolar bisa menembus Rp10 ribu, tapi rupiah akan menguat lagi menjadi Rp9.500 per dolar pada akhir tahun," kata Fauzi usai jumpa pers di Jakarta. Menurut dia, pelemahan nilai tukar rupiah itu bisa mengurangi impor dan meningkatkan ekspor. Meski demikian Bank Indonesia diharapkan melakukan intervensi di pasar valas sehingga nilai tukar rupiah bisa dikendalikan.

Fauzi mengatakan, BI memiliki cadangan devisa yang cukup untuk melakukan intervensi pasar. Hal itu bisa dilakukan bila nilai tukar rupiah terlalu rendah. "Rupiah jangan sampai tembus Rp10 ribu dulu deh, karena Rp10 ribu kan level psikologis, kuncinya BI mau intervensi apa tidak, kuncinya di situ," katanya.

Pihaknya memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 6,5 persen pada 2013 dan tidak terpengaruh oleh gejolak ekonomi global karena didukung konsumsi domestik yang kuat.

Sementara Fauzi memprediksi BI rate akan naik menjadi 6,25 persen karena adanya peningkatan inflasi pada semester kedua tahun 2013.

Pada awal tahun 2013, Bank Indonesia memutuskan tetap mempertahankan tingkat BI rate sebesar 5,75 persen yang dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi sebesar 3,5 - 5,5 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement