Rabu 19 Dec 2012 12:03 WIB

Pengusaha Indonesia Dibawah Satu Persen

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Pengusaha UKM
Foto: Antara
Pengusaha UKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survey Mckenzie memperkirakan tahun  2020 sekitar 85 juta penduduk Indonesia berpenghasilan diatas 3600 dolar Amerika atau sekitar Rp 35 juta per tahun. 

Jumlah penduduk berpenghasilan besar ini akan meningkat di tahun 2030 menjadi 170 juta penduduk. "Statistik demografi menunjukkan tingkat produktivitas mayoritas pemuda masih tinggi," ujar Dirut Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Waskito di Dharmawangsa Hotel, Rabu (19/12). 

Meski demikian, jumlah pengusaha di Indonesia saat ini ternyata masih sangat sedikit, yaitu dibawah satu persen. Untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Tanah Air, masih diperlukan dibutuhkan berbagai bantuan, antara lain permodalan, teknologi dan sumber daya manusia. "Tahun 2013, kita harus fokus pada fundamental," ujar Dirut Bakrie Telecom, Anindya Bakrie. 

Sekarang, Indonesia termasuk dari 19 negara yang mengalami pangsa GDP (gross domestic product) diatas 1 persen yaitu 1,4 persen. Pencapaian ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara melebihi Thailand dan Turki. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement