Senin 17 Dec 2012 18:04 WIB

Kualitas Susu Rendah, Peternak Sebut Ada Permasalah Kompleks

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Susu - ilustrasi
Susu - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN--Persoalan yang dihadapi para peternak sapi perah saat ini sangat kompleks. Begtulah yang diakui pengelola peternakan sapi perah di Kawasan Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Harjunantio (43)

Mulai dari harga susu sapi segar di koperasi yang rendah, kesadaran masyarakat untuk minum susu juga rendah, harga pakan ternak yang terus melambung hingga kesulitan mencari indukan sapi perah yang bagus.

Ia juga sepakat pemerintah berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi susu sapi segar. Namun pemerintah, ujarnya, harus mempertimbangkan beberapa hal yang dapat mempengaruhi sukses dan tidaknya program swasembada susu tersebut.

 

Pemerintah, imbuhnya, mesti kian giat menyosialisasikan kebiasaan minum susu di lapisan elemen masyarakat. Tak hanya itu, pemerintah diminta menyerap susu peternakan rakyat dengan harga yang wajar.

“Khusus untuk Jawa Tengah, tarik investor susu ke daerah ini. Sehingga susu peternakan rakyat akan terserap dan ini akan memicu produktivitas dan peningkatan kualitas susu sapi segar,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement