Jumat 14 Dec 2012 16:49 WIB

Kereta Api Bandara Beroperasi 2014

Uji coba rangkaian kereta api melewati satu jalur rel di Cilebut Timur, Senin (26/11).
Foto: Republika/Lida Puspaningtyas
Uji coba rangkaian kereta api melewati satu jalur rel di Cilebut Timur, Senin (26/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan pembangunan jalur kereta api komuter menuju Bandara Soekarno Hatta mulai beroperasi awal 2014. Proyek ini melibatkan PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono menyatakan, jalur kereta api Jakarta - Tangerang ini sedang dibangun. "Kami targetkan bisa beroperasi dua tahun lagi," ujarnya, Jumat (14/12). Dengan pembangunan jalur ini maka transportasi dari tengah kota menuju Bandara Soekarno Hatta bisa menggunakan kereta api.

Nantinya, jalur komuter ini akan terhubung dengan jalur komuter di tengah kota seperti Stasiun Manggarai dan Sudirman. "Jalur kereta Manggarai - Sudirman dan Bandara Soekarno Hatta itu merupakan satu paket," katanya. Stasiun Manggarai, Sudirman, Duri, Tangerang, dan Batu Ceper akan menjadi stasiun-stasiun pusat dengan jarak antarstasiun sekitar 10 hingga 12 kilometer.

Bambang mengakui kemacetan di Jakarta tidak bisa dihilangkan seluruhnya, tetapi dengan pengelolaan yang tepat niscaya bisa dikurangi. "Dengan memperbaiki transportasi umum, saya optimistis di masa depan, masyarakat akan berpindah menggunakan moda transportasi umum," kata Bambang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement