Selasa 11 Dec 2012 16:39 WIB

ABSA Fokus Kembangkan Unit Syariah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Fitria Andayani
Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto: aamslametrusydiana.blogspot.com
Ekonomi syariah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, AFRIKA SELATAN -- Amalgamated Banks of South Africa (ABSA) akan memperluas bisnisnya ke perbankan syariah. Masuknya ABSA di bisnis syariah diharapkan dapat meningkatkan pasar keuangan syariah di Afrika Selatan. 

CEO ABSA, Maria Ramos menyatakan, pihaknya memastikan bahwa bank syariah yang akan mereka jalankan berdasarkan prinsip-prinsip hukum syariah. "Tidak akan ada praktik bunga pinjaman," ujarnya, seperti dikutip Business Day, Selasa (11/12). Menurutnya, keputusan bank untuk bermain di sektor syariah disebabkan semakin banyaknya permintaan dan kebutuhan akan produk perbankan syariah.

Head of Ritel Market ABSA, Arrie Rautenbach mengatakan, rencana tersebut telah diungkapkan kepada pihak Barclays yang kini menjadi pemegang saham terbesar di ABSA. "Kami melibatkan Barclays untuk membantu peluncuran perbankan syariah di wilayah hukum Afrika," katanya.

Dia cukup yakin, bisnis syariah ABSA nantinya bisa tumbuh dengan baik. Mereka bahkan tidah gentar dengan bank-bank lain yang sudah lebih dahulu masuk ke sektor ini. "Kami memiliki ase yang besar dii Afrika Selatan," katanya. 

Tak hanya di perbankan, ABSA pun kini fokus menjalankan bisnis asuransi syariahnya. Untuk itu, ABSA mengakuisisi satu-satunya lembaga asuransi syariah di Afrika Selatan yaitu asuransi Islam (Takafol). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement