Jumat 07 Dec 2012 11:32 WIB

Inilah CEO Perempuan di Perusahaan Beraset Besar Dunia

Pe
Foto: reuters
Pe

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang perempuan hanya bisa berakhir di balik dapur? Siapa bilang perempuan tidak bisa memiliki karir yang tinggi? Kenyataannya banyak perempuan yang berhasil membangun karir mereka. Ini dia daftar lima CEO perempuan yang memimpin perusahaan dengan aset terbesar di dunia, yang disusun oleh cnbc.com.  

1. Virginia “Ginni” Rometty, IBM

Banyak yang menyangka, sebuah perusahaan di bidang teknologi hanya dipimpin oleh laki-laki. Mitos itu dipatahkan oleh Virginia “Ginni” Rometty . Ginni telah bergabung dengan perusahaan multinasional raksasa IBM sejak 1981. Karirnya terus menanjak hingga kini dia menjadi salah seorang CEO dan memimpin sekitar 430 ribu karyawan. IBM sendiri memiliki nilai aset hingga 236 triliun dolar AS. 

2. Indra Nooyi. Pepsico

Indra Nooyi menjadi CEO Pepsico pada 2006 dan menjadi komisaris pada tahun berikutnya. Perusahaan ini memiliki aset sebesar 110 triliun dolar AS dan telah mengeluarkan 22 merk makanan dan minuman terkenal. Setiap merk dalam portofolio produk Pepsico memberikan kontribusi pendapatan rata-rata 1 miliar dolar setiap tahunnya. Sejumlah merk tersebut adalah Pepsi, Frito-Lay, Gatorade, Quaker, dan Tropicana.

3. Irene Rosenfeld, Kraft Foods

Irene bergabung dengan Kraft sebagai CEO pada 2006 dan menjadi komisaris pada tahun berikutnya. Kraft food adalah salah satu perusahaan multinasional terbesar di dunia yang fokus pada produk makanan dan minuman. Perusahaan ini memiliki aset hingga 71,4 miliar dolar AS. Sejumlah produknya yang terkenal adalah Cadbury, Nabisco, dan Oscar Mayer. 

4. Ellen Kullman DuPont

Ellen menjadi CEO di DuPont pada 2009 dan menjadi komisaris setelahnya. Dia bergabung di perusahaan kimia tersebut sejak 1988 sebagai manajer pemasaran. DuPont sendiri memiliki total aset hingga 47,6 miliar dolar AS. Selain itu, Ellen juga duduk di forum CEO US-India, dewan bisnis, dan anggota komite eksekutif SCI-Amerika. 

5. Margaret ”Meg” Whitman Hewlett-Packard

Meg menghabiskan 10 tahun sebagai presiden dan CEO eBay sebelum pindah untuk memimpin perusahaan perangkat lunak dan keras komputer terbesar ini. HP sendiri memiliki aset hingga 35,7 miliar dolar AS. 

Selain lima nama tersebut, terdapat sejumlah perempuan lainnya yang pernah dan tengah memimpin perusahaan terbesar di dunia. Mereka adalah Patricia Woertz (ADM), Debra Reed (Sempra Energy), Ursula Burns (Xerox), Marissa Mayer (Yahoo), dan Carol Meyrowitz (TJX Companies).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement