Kamis 22 Nov 2012 21:46 WIB

BSM Siapkan Layanan Khusus TKI, Seperti Apa?

Rep: Friska Yolandha/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Salah satu outlet Bank Syariah Mandiri.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Salah satu outlet Bank Syariah Mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Syariah Mandiri (BSM) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melakukan penandatanganan kerja sama terkait akses perbankan bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI).

Dengan kerja sama ini BSM memberikan fasilitas perbankan tidak hanya kepada TKI tetapi juga keluarga TKI yang bekerja di luar negeri

Kesepakatan ini memungkinkan calon TKI mendapatkan pendanaan dari BSM untuk memenuhi keperluan keberangkatannya ke negara tujuan kerja. Selain itu BSM juga memberikan fasilitas pembiayaan dan pengiriman dana remitansi serta edukasi pengelolaan keuangan bagi TKI.

"Kalau mereka sudah punya dana BSM aktif mendorong mereka untuk menjadi pengusaha di Indonesia," kata Direktur BSM, Hanawijaya, usai penandatanganan yang dilaksanakan di Gedung BNP2TKI di Jakarta, Kamis (22/11).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama BSM, Yuslam Fauzi, dan Ketua BNP2TKI, Jumhur Hidayat. Dengan adanya kerja sama ini TKI Indonesia akan dimudahkan dalam pengelolaan uang karena BSM juga menawarkan pelatihan dan edukasi pengelolaan pendapatan.

BSM menargetkan kerjasama  bisa menjaring TKI-TKI yang ada di Asia. Saat ini dengan produk independen BSM telah menerima pengiriman remitansi dari tiga negara Asia, yaitu Malaysia, Sigapura dan Hong Kong.  Diharapkan melalui kerja sama ini BSM bisa menjangkau Taiwan, Korea, dan Timur Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement