Selasa 23 Oct 2012 13:46 WIB

Wow, Laba Telkom Tembus Rp 10 Triliun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hafidz Muftisany
Telkom
Telkom

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berhasil membukukan pertumbuhan kinerja keuangan yang mengesankan sepanjang Triwulan III 2012.

Pendapatan usaha perusahaan pelat merah ini menembus Rp 56,9 triliun. Pendapatan ini meningkat sebesar empat triliun rupiah atau 7,6 persen dibanding tahun lalu.

“Laba bersih perusahaan mencapai Rp 10 triliun atau naik 19,3 persen,” kata Direktur Utama Telkom Arief Yahya, dalam rilisnya kepada Republika, Selasa (23/10). Peningkatan pendapatan tersebut terutama disebabkan oleh peningkatan pelanggan seluler dan penjualan tinggi dalam layanan data, Internet dan information technology (IT).

Menurut Arie, layanan data, internet dan IT mencatat rekor dan menjadi growth driver yang penting bagi perseroan. Ini didukung adanya penambahan jumlah pelanggan seluler yang signifikan di tengah kondisi persaingan pasar yang keras.

Misalnya Telkomsigma yang telah mengakuisisi data center di daerah Sentul, Jawa Barat. Telkom sudah menguasai 3.800 meter (m) persegi data center tersebut. Telkom berencana memiliki 24.000 m persegi data center.

Lonjakan pendapatan data, internet dan jasa teknologi informatika yang mencapai Rp 20,1 triliun, meningkat sebesar Rp 2,1 triliun atau tumbuh 12,2 persen. Berikutnya,  pendapatan interkoneksi yang mencapai Rp 3,1 triliun, meningkat Rp 463 milyar atau tumbuh  sebesar 17,6 persen dibanding periode sama 2011.

Pendapatan dari layanan seluler, diakui Arief, masih memberikan kontribusi terbesar terhadap pendapatan Telkom. Berikutnya pendapatan data, internet dan IT services, sebagai kontributor kedua terbesar dengan pertumbuhan 6,5 persen dibandingkan triwulan II 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement