Sabtu 04 Aug 2012 04:28 WIB

Bank Mandiri Guyur Semen Gresik Rp 1 Triliun

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Irwan Ariefyanto
Semen Gresik
Semen Gresik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Produsen semen PT Semen Gresik Tbk (SMGR) mendapat kredit dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) sebesar Rp 1 triliun. Kredit tersebut untuk menopang kebutuhan modal kerja Semen Gresik yang semakin meningkat. "Ini seiring telah beroperasinya pabrik semen baru di Tuban, Jawa Timur," kata Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto, di Jakarta, Jumat (3/8). Bank Mandiri, kata Dwi, menawarkan suku bunga yang kompetitif.

Fasilitas ini diharapkan juga membantu operasional perusahaan, terutama dalam perencanaan likuiditas. Seiring kian gencarnya ekspansi perseroan membangun pabrik di sejumlah wilayah. Dalam rencana terbarunya, Semen Gresik akan mendirikan pabrik Semen Rembang yang berkapasitas 2-3 juta ton semen per tahun.

Bank Mandiri sebelumnya juga telah mengucurkan pembiayaan untuk pengembangan anak perusahaan Semen Gresik. Di antaranya Semen Tonasa, Varia Usaha, Swadaya Graha, dan Koperasi Warga Semen Gresik.

Untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, Bank Mandiri juga memberikan layanan notional pooling kepada Semen Gresik. Ini guna mengonsolidasikan rekening operasional perseroan dan anak perusahaan. Misalnya, Semen Padang, Varia Usaha, Swadaya Graha, SGG Prima Beton, dan SGG Energi Prima.

Notional pooling memungkinkan setiap anak usaha Semen Gresik melakukan transaksi keuangan dengan para pemasok yang didukung kekuatan likuiditas Semen Gresik Group. Masing-masing peserta pooling memiliki akses dan potensi likuiditas lebih besar dan leluasa mengelola cash.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement