Ahad 08 Jul 2012 16:05 WIB

SCTV Tarik Utang Rp 250 Miliar

Rep: mutia ramadhani/ Red: M Irwan Ariefyanto
Kantor SCTV di Senayan, Jakarta
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kantor SCTV di Senayan, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu televisi swasta terbesar di Indonesia, PT Surya Citra Televisi (SCTV) melakukan transaksi afiliasi berupa pinjaman dana sejumlah Rp 250 miliar. Pinjaman tersebut diperoleh perusahaan dari induk usaha PT Surya Citra Media Tbk, yaitu PT Elang Mahkota Teknologi.

"Dana ini akan digunakan SCTV untuk melunasi sebagian utang obligasi SCTV II 2007 lalu," kata  Corporate Secretary SCTV Hardijanto Saroso dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta akhir pekan lalu. Utang Obligasi SCTV II 2007 tersebut akan jatuh tempo pada 10 Juli 2012 yang jumlahnya mencapai Rp 575 miliar.

Obligasi II SCTV 2007 memunyai jangka waktu (tenor) lima tahun. Tingkat suku bunganya 10,95 persen. Sisa dari utang Obligasi II SCTV itu, kata Hardijanto, akan menggunakan dana kas internal SCTV. Jangka waktu pinjaman yang diperoleh SCTV dari Elang Mahkota adalah lima tahun. Suku bunga bunganya berjangka tiga bulan di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) ditambah 2,75 persen per tahun.

SCTV tak memberikan jaminan apapun akan utang yang ditariknya tersebut. Hanya, Elang Mahkota sewaktu-waktu bisa meminta pemberian bentuk jaminan. SCTV juga dilarang mendapatkan pinjaman baru dari pihak lain. Apalagi, menjaminkan harta kekayaannya dalam bentuk apapun kepada siapapun. Saat ini, 99,9 persen saham SCTV dimiliki oleh Surya Citra Media. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement