REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Jakarta Great Sale (FGJS) 2012 menargetkan transaksi ritel bisa menembus Rp 10 triliun.
Festival yang digelar sejak 1 Juni hingga 14 Juli 2012 itu juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian Jakarta dengan meningkatkan transaksi ritel, hiburan, dan rekreasi.
"Jika memungkinkan, diharapkan bisa melampaui target. Seperti FJGS 2011," kata Handaka Santosa, ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta.
Menurut Handaka, sejak 2008, rata-rata transaksi selama sebulan FJGS naik sekitar 20 persen. Sebagai contoh, pada 2009 mencapai transaksi Rp 6 triliun, tahun 2010 sebesar Rp 7,2 triliun, dan tahun 2011 sebesar Rp 8,7 triliun. FJGS 2011 semulanya hanya ditargetkan mencapai Rp 8,2 triliun.
FGJS 2012 yang diadakan lebih lama, yaitu 1,5 bulan, diharapkan memberi pemasukan sekitar Rp 10 triliun atau lebih. APPBI DKI bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta berupaya meningkatkan partisipasi warga pada gelaran tersebut.
Handaka menuturkan, ternyata tak sampai 1 persen turis asing yang berbelanja di Indonesia. Sebaliknya, warga Indonesia merupakan mayoritas turis asing yang berbelanja di negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Pusat perbelanjaan Singapura meraup 60 persen pendapatannya dari turis, sedangkan Malaysia 25 persen.
Salah satu tujuan FGJS 2012 adalah mengarahkan kegemaran berbelanja orang Indonesia ke negeri sendiri. Selain itu, diharapkan makin banyak lagi turis asing yang berbelanja di Indonesia. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, APPBI, kata Handoko mengadakan promosi FGJS 2012 hingga ke Timur Tengah.
Gubernur DKI Jakarta menyatakan hal serupa. Ia menilai partisipasi warga terhadap FGJS masih rendah. "Tidak perlu bangga berbelanja di Singapore Great Sale. FGJS lebih beragam, dan lebih murah," ucapnya saat membuka FGJS 2012, Jumat (1/6), di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan.
Mengusung tema "Jakartaku Harapanku", berbagai program menarik pun dilaksanakan. Selain diskon 10 hingga 70 persen di 73 pusat perbelanjaan, turut diadakan program belanja tengah malam. Tidak kurang dari lima ribu outlet dan 18 ribu gerai yang ikut serta, termasuk brand-brand internasional.
Selain transaksi ekonomi, FGJS 2012 akan diwarnai dengan program Corporat Social Responsibility (CSR) Donor Darah. Yang akan digelar secara berkesinambungan sejak 1 Juni hingga 13 Juli 2012. Program budaya berupa Parade Andong Hias dan Ondel-Ondel turut digelar untuk memeriahkan FGJS 2012 ini.
Untuk mengapresiasi pengunjung diadakan program undian Shopper Card selama periode 1 Juni hingga 10 Juli. Dengan hadiah utamanya satu unit mobil Nissan, dan puluhan hadiah menarik lainnya.