Jumat 04 May 2012 12:52 WIB

Facebook Sudah Tetapkan Harga untuk IPO, Tertarik?

Mark Zuckerberg
Foto: forbes.com
Mark Zuckerberg

REPUBLIKA.CO.ID, Facebook baru saja mengisi dokumen S-1 di Komisi Pengawasan Pasar Saham dan Sekuritas AS, yang berarti perusahaan akan membuat 337 juta saham bisa dibeli publik pada IPO nanti. Harga yang dipatok berkisar $28 hingga $35.

Facebook sendiri akan melepas 180 juta lembar saham, yang diprediksi mampu menambah modal perusahaan antara 4,9 milyar hingga 6,3 milyar dolar AS. Sementara sisa 157 juta lembar akan dilepas dari pemegang saham lain termasuk Mark Zuckerberg.

Facebook juga mengalokasikan tambahan 50 juta lembar bila sewaktu-waktu harga melonjak dan permintaan bertambah lebih besar ketimbang yang diprediksi.

Total saat ini, Facebook memiliki 2,14 milyar lembar saham, termasuk kelas saham kelas A (saham yang akan dijual dan memiliki satu suara untuk setiap lembar) dan saham kelas B (khusus dicadangkan untuk Mark Zuckerberg dan orang dalam dengan nilai 10 suara per lembar, membuat si Zuckerberg tetap mengendalikan pemungutan suara di perusahaan bila diperlukan).

IPO itu juga berarti perusahaan mencari perolehan sebesar 60 hingga 75 milyar dolar, jauh lebih rendah ketimpang laporan prediksi Wall Street Journal, awal hari ini. Juga, jauh lebih rendah ketimbang angka 100 milyar dolar yang digembar-gemborkan awal tahun ini.

Perkiraan raihan lebih rendah itu masuk akal mengingat pertumbuhan laba Facebook terlihat menurun. Seorang pengamat dari TechCrunch, Josh Constine, menunjukkan Facebok mengalami penurunan dari kuartal ke kuartal, mulai dari akhir 2011 dan kuartal pertama 2012.

sumber : Business Insider
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement