Jumat 04 May 2012 11:05 WIB

Satu Keputusan Tercerdas CEO Microsoft yang Pernah Dibuat

CEO Microsoft, Steve Ballmer
Foto: techdigest.tv
CEO Microsoft, Steve Ballmer

REPUBLIKA.CO.ID, Microsoft CEO, Steve Ballmer , pernah mendapat banyak kritik. Beberapa ada yang benar, tapi juga banyak yang meleset.

Paling tidak ia membuat satu keputusan yang murni jenius. Kembali pada 2006, Microsoft mengambil alih saham Facebook senilai 240 juta dolar. Langkah itu juga memberi Facebook nilai terimplikasi senilai 15 milyar dolar AS karena nama besar Microsoft.

Banyak orang tertawa dengan keputusan itu. Kini siapa yang tertawa?

Akhir bulan ini, Microsoft akan menjual 6,56 juta saham Facebook sebagai bagian dari IPO perusahaan. Asal tahu saja, saham itu diprediksi menghasilkan antara 117 dan 230 juta dolar.

Microsoft pun masih akan memegang 26,2 jutal lembar saham. Dengan asumsi harga Facebook mendekati rentang tertinggi saat IPO, maka saham tadi akan bernilai lebih dari 900 juta dolar.

Itu artinya, Microsoft memperoleh kembali uangnya 5 kali lipat dalam jangka waktu kurang dari enam tahun. Bukan cuma itu, momen IPO juga memberi Microsoft peluang pengaruh dalam perusahaan jejaring sosial terpenting di dunia maya untuk beberapa tahun ke depan.

Langkah ini jauh lebih baik ketimbang akuisisi atas Yahoo oleh Microsoft beberapa tahun kebelakang dari 2006.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement