Selasa 07 Feb 2012 15:38 WIB

Telanjur Punya Unitlink? Jangan Panik, Ada Cara Jitu Kurangi Risiko (2)

Rep: nur feby rosiana/ Red: Endah Hapsari
Cermati produk investasi/ilustrasi
Foto: dfas.mil
Cermati produk investasi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jika telanjur memiliki unitlink, tak perlu panik. Masih ada yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kerugian yang semakin besar. Berikut empat panduan dari perencana keuangan, Aidil Akbar Madjid:

Jika unitlink yang sudah dibeli belum berumur satu tahun, sebaiknya dibatalkan saja. Ini akan mengurangi risiko yang akan Anda dapatkan.

Jika unitlink sudah berumur satu tahun lebih, belilah asuransi baru sebelum asuransi yang lama ditutup. Membeli asuransi lain akan membuat Anda memiliki pegangan baru.

Tutup asuransi yang lama, lalu beralihlah ke asuransi yang baru. Jika asuransi yang Anda salah beli tidak ditutup, kerugiannya akan semakin besar.

Dengan dibelinya asuransi baru, nantinya kerugian dari asuransi yang lama akan mulai terbayar. Sekitar tiga sampai lima tahun berikutnya, kerugian akibat salah beli asuransi akan terbayar.

Meski begitu, Akbar menyebutkan, langkah-langkah tersebut tidak dapat menjadi jurus sapu jagat. Ketelanjuran memiliki unitlink terkadang perlu disikapi dengan cara tersendiri. "Bergantung ketentuan polis dan nominal biaya asuransi dari perusahaan lain," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement