Selasa 31 Jan 2012 18:38 WIB

Bisnis E-Commerce di Indonesia Makin Menggeliat

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Didi Purwadi
Orang-orang menikmati beselancar di Kafe Internet (Ilustrasi)
Foto: Washington Times
Orang-orang menikmati beselancar di Kafe Internet (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini, bisnis belanja online alias e-commerce semakin menjanjikan di tanah air. Situs jual-beli pun semakin banyak bermunculan untuk menangkap pangsa pasar online shopping yang tengah menggeliat.

Managing Director Bhinneka.Com, Hendrik Tio, kepada Republika mengakui bahwa geliat e-commerce di Indonesia saat ini tengah memasuki kondisi terbaiknya. "Sebetulnya e-commerce di Indonesia itu sudah lama ya, bahkan sempat terpuruk. Tetapi, saat ini e-commerce kondisinya sangat bagus," ujar Hendrik.

Menggeliatnya bisnis online shopping di tanah air, kata Hendrik, salah satunya ditunjang dari besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Diperkirakan setidaknya ada sekitar 50 juta pengguna internet di Indonesia yang merupakan potensi pasar belanja online.

Saat ini, ungkap Hendrik, jumlah pengguna internet yang mengunjungi situs Bhinneka.Com mencapai rata-rata 100 ribu orang per hari. Sedangkan, transaksi yang berhasil dilakukan di Bhinneka.Com per bulannya rata-rata mencapai Rp 4-5 miliar.

 

Menurut Hendrik, semakin banyaknya jumlah situs jual-beli di Tanah Air justru berdampak positif. Dia tidak melihat adanya kompetisi yang mematikan sesama situs jual-beli  lantaran banyaknya jumlah pemain. Saat ini tercatat beberapa situs jual-beli di tanah air yang cukup populer, antara lain Kaskus.us, Tokobagus.com, Indonetwork.co.id, Bhinneka.com, dan Blibli.com.

"Bagus dong semakin banyak pemain (situs jual-beli). Ini peluang besar untuk membangun industri e-commerce di Indonesia. Apalagi, sekarang ini kan pangsa pasar e-commerce belum sampai satu persen," tutur Hendrik.

Dia memprediksi ke depannya bisnis e-commerce akan terus berkembang positif. Asalkan, tegas Hendrik, kualitas dan keamanan pembayaran, serta infrastruktur bisnis e-commerce di Tahan Air lebih ditingkatkan lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement