Senin 12 Sep 2011 10:54 WIB

Pengamat: Rupiah Berpotensi Menguat ke RP 8.400 per Dolar AS

Rupiah (Ilustrasi)
Rupiah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pengamat pasar, Ifan Kurniawan memperkirakan rupiah berpeluang untuk kembali mencapai level Rp8.400 per dolar pada akhir tahun. Ini bila bank sentral AS (The Fed) kembali memanfaatkan program paket stimulus untuk mendorong ekonominya tumbuh lebih besar.

Tetapi Fed dalam pertemuan akhir pekan lalu tidak memberikan sinyal positif terhadap program itu hanya mengatakan akan menggunakan berbagai instrumen untuk memicu ekonominya tumbuh lebih baik, kata Ifan, yang juga analis PT First Asia Capital di Jakarta, Senin.

Menurut Ifan, pemerintah Obama juga akan berusaha membuka lapangan kerja baru bagi tenaga kerja AS dengan mengeluarkan dana sebesar 447 miliar dolar yang saat ini sedang dibahas dengan Kongres.

Namun semua itu merupakan spekulasi saja, karena itu pelaku asing di pasar domestik cenderung masih menunggu kelanjutan rencana tersebut, ujarnya.

Ia mengatakan, apabila program paket stimulus jadi diluncurkan dan pembicaraan Obama dengan kongres berhasil maka akan banyak dana asing dilempar ke pasar terutama kepada negara-negara emerging market khususnya Indonesia.

"Kami optimis kondisi ini akan menguntungkan Indonesia karena akan banyak dana asing masuk ke pasar domestik yang pada gilirannya akan memicu pasar uang dan pasar saham lebih bergairah," ucapnya.

Karena itu, pemerintah harus terus memantau agar masuknya dana asing itu dapat dimanfaatkan dengan mengalihkan dana asing dari jangka pendek ke jangka panjang, sehingga membuka lapangan kerja baru bagi tenaga kerja Indonesia.

Pemerintah saat ini butuh dana besar untuk mendorong sektor riil tumbuh lebih cepat agar ekonomi nasional tumbuh lebih tinggi lagi, katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement