Selasa 02 Dec 2014 18:18 WIB

Demi Swasembada, Menteri Susi: Jangan Impor Pakan Ikan

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pakan ikan (ilustrasi)
Foto: bibitikan.net
Pakan ikan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan akan membantu industri perikanan dengan mengupayakan swasembada pakan ikan. Hal ini diungkapkannya usai menghadiri pertemuan dengan para penyuluh perikanan di Jakarta, Selasa (2/12).

"Kita bantu di pakannya, jangan sampai impor. Nanti kayak ayam, pakan mahal, petani cuma dapat sedikit. Mudah-mudahan dengan kita hentikan ilegal fishing ini ikan lemuru di Banyuwangi bisa penuhi stok bahan pakan ikan. Swasembada protein dan perikanan akan cepat terjadi," jelasnya.

Swasembada ini, menurut Susi untuk menyejahterakan seluruh pelaku usaha di bidang perikanan. Selain itu, pendampingan juga dilakukan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Dalam melakukan pendampingan, penyuluh perikanan dibekali teknologi melalui pemanfaatan cyber extension. ”Penyuluh perikanan harus memiliki dedikasi dan kompetensi, sehingga mampu mengubah perilaku kelompok pelaku utama, dan meningkatkan produktivitas usaha masyarakat sehingga kehidupannya semakin lebih sejahtera,” ujar Susi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement