Jumat 14 Feb 2020 09:49 WIB

OCBC NISP Gandeng Fintech Awan Tunai Fasilitasi Kredit UMKM

Awan Tunai akan memberikan barang yang menjadi kebutuhan usaha UMKM.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolanda
OCBC NISP
OCBC NISP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank OCBC NISP bekerja sama dengan PT Simplefi Teknologi Indonesia (AwanTunai) terkait credit channeling pemberdayaan UMKM di Indonesia. Melalui program digital partnership ini, Bank OCBC NISP dan AwanTunai menyediakan Supply Chain Financing kepada pelaku usaha mikro di Indonesia.

Direktur Bank OCBC NISP Thomas Low mengatakan perusahaan  menyadari keberadaan UMKM memiliki kontribusi besar dan krusial bagi perekonomian Indonesia. Diperlukan perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari pelaku industri keuangan untuk membantu UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan digital. 

“Melalui strategi ini, Bank OCBC NISP ingin memanfaatkan potensi startup dalam memberikan nilai transformatif untuk pelaku sektor UMKM,” ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Jumat (14/2).

Adapun kerja sama ini didasari menggerakkan perekonomian Indonesia, salah satunya melalui penguatan kesehatan keuangan pelaku usaha UMKM. AwanTunai melakukan digitalisasi supply chain, yakni bekerja sama dengan para pedagang grosir dan distributor di sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG). 

Dengan model kerja sama ini, AwanTunai tidak memberikan modal secara tunai melainkan memberikan barang yang menjadi kebutuhan usaha mereka untuk menghindari penyalahgunaan modal. Maka pelaku usaha mikro dapat mengembangkan usaha secara produktif dan mampu mengelola modal serta perputaran uang.

Direktur Utama AwanTunai Rama Notowidigdo menambahkan teknologi bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia, bukan hanya penduduk di kota besar yang sudah makmur. Upaya ambisius seperti ini membutuhkan mitra yang kuat dalam bentuk lembaga keuangan resmi yang sudah dipercaya oleh publik.

“Sebagai pelaku usaha fintech, kami menyadari potensi penyalahgunaan teknologi. Oleh karena itu, bermitra dengan bank akan memastikan teknologi kami tidak disalahgunakan dan dapat membawa kemakmuran yang berkelanjutan pada jangka panjang untuk semua pihak,” ucapnya.

AwanTunai juga telah mendapatkan suntikan dana dari OCBC NISP Ventura (ONV) untuk mengembangkan bisnisnya. Sebagai salah satu investee dari ONV, Bank OCBC NISP terbuka melakukan sinergi dan kolaborasi untuk memberikan nilai tambah kepada AwanTunai dalam memberikan layanan kepada nasabahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement