Jumat 10 Jan 2020 14:37 WIB

Luhut Tawarkan Investasi Tol Hingga Pariwisata ke AS

Luhut menyebut ada banyak proyek yang ditawarkan ke AS.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Muhammad Hafil
Luhut Tawarkan Investasi Tol hingga Pariwisata ke AS. Foto: Investasi (Ilustrasi))
Luhut Tawarkan Investasi Tol hingga Pariwisata ke AS. Foto: Investasi (Ilustrasi))

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah membuka diri untuk bekerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan investasi. Ia menggelar pertemuan dengan International Development Finance Corporation (DFC) untuk membahas rencana Investasi negara Paman Sam ke Indonesia.

Luhut mengatakan ada banyak proyek ke Kdepan yang ia tawarkan kepada Amerika. Ia mengatakan Amerika melalui DFC pun menilai proyek yang akan dikerjasamakan menarik bagi mereka.

Baca Juga

"Mereka punya dana sekitar 60 miliar dolar. Belum lagi swasta yang komit hingga 200 miliar dolar. Ini peluang yang baik," ujar Luhut di Kantornya, Jumat (10/1).

Luhut merinci proyek proyek tersebut antara lain pembangunan jalan tol. Ia mengatakan rencana pemerintah untuk menambah konektivitas jalan tol di Jawa juga Sulawesi menjadi target pembahasan investasi ini.

"Tadi kami sudah diskusi di beberapa proyek, segera. Tim masih bekerja di atas. Mereka mungkin masuk toll road di Jawa, mungkin juga masuk di tol road Sumatra, mungkin di turis, mungkin nanti dengan sovereign fund, kita juga nanti bisa bersama Jepang, Australia, Amerika, dan yang lain," ujar Luhut.

Luhut menekankan komitmen Amerika sendiri dapat berpotensi menghasilkan investasi miliaran dolar AS. Luhut kemudian menyatakan bahwa timnya telah bekerja untuk mengurusi kerjasama tersebut.

"Jadi komitmen mereka ini multi billon dollars, investment di Indonesia. saya kira itu semua, tim sekarang sudah mulai. kita working teams sudah langsung bekerja untuk proyek-proyek tadi," kata Luhut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement