Rabu 16 Feb 2011 19:05 WIB

12 Ladang Migas Irak akan Dilelang pada 2011

REPUBLIKA.CO.ID,BAGHDAD--Irak akan menawarkan 12 ladang minyak dan gas bumi pada tahun ini dalam lelang energi keempat sejak pertengahan 2009, juru bicara kementerian minyak Assem Jihad mengatakan kepada AFP, Rabu.

"Kementerian semakin siap untuk menawarkan lelang eksplorasi 12 situs tahun ini," kata Jihad, mencatat bahwa ladang termasuk sumber daya minyak dan gas bumi, tetapi tidak menentukan berapa banyak masing-masing."Kami berharap ini akan selesai tahun ini, ini akan menjadi putaran penawaran keempat," tambahnya.

Jihad juga mengatakan bahwa draft kontrak untuk ladang gas yang dilelang kepada perusahaan-perusahaan energi luar negeri akhir tahun lalu akan selesai akhir bulan ini.Irak saat ini memproduksi sekitar 2,5 juta barel minyak per hari, dengan sekitar 80 persen diekspor.

Kedua angka ini diperkirakan akan meningkat secara dramatis dalam tahun-tahun mendatang setelah lelang dua lapangan minyak pada 2009 menyebabkan 11 kontrak ditandatangani dengan perusahaan-perusahaan internasional. Pendapatan minyak mencatat 90 persen dari pendapatan pemerintah Irak.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement