Sabtu 05 Feb 2011 06:24 WIB

Kekacauan Mesir Pertahankan Kekhawatiran Pedagang Minyak

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK--Harga minyak turun di London dan New York pada akhir Jumat karena para pedagang memantau gejolak Mesir dan rumor pengunduran diri Presiden Hosni Mubarak sudah di ambang pintu menyapu pasar. Kontrak utama New York minyak mentah light sweet untuk pengiriman Maret turun 1,51 dolar menjadi 89,03 dolar dari akhir Kamis.

Sementara kontrak utama London, Brent North Sea, turun 1,93 dolar menjadi 99,83 dolar setelah bertahan di atas level 102 dolar untuk sebagian besar hari. Pedagang menghabiskan hari memantau gejolak di Mesir, di mana situasi politik tetap suram saat puluhan ribu demonstran berbaris melalui jalan-jalan untuk ke-11 hari berturut-turut.

Para pedagang mengatakan pasar menyaring rumor bahwa Mubarak akan mundur dari presiden di bawah tekanan dari demonstran dan masyarakat internasional, kata Andy Lipow dari Lipow Oil Associates. "Jika itu terjadi, kita berharap bahwa ketegangan menurun, yang

akan mengambil banyak risiko keluar dari potensi gangguan pasokan," katanya, mengacu pada kekhawatiran tentang kontrol Terusan Suez dan pipa minyak Sumed yang strategis dan penting.

Rich Ilczyszyn dari pialang berjangka Lind-Waldock mengatakan ia dan pedagang lain "bingung" oleh berita dan pergerakan pasar selama perdagangan Jumat -- mengapa harga minyak akan turun karena itu. "Cerita bocor bahwa Hosni Mubarak mundur. Saya tidak tahu bagaimana itu adalah bearish untuk minyak, tapi itu adalah satu-satunya yang mendorong harga turun."

Pengunjuk rasa Mesir berkumpul pada Jumat untuk demonstrasi pembersihan "hari keberangkatan", dalam upaya untuk memaksa Mubarak untuk berhenti setelah ia mengatakan ingin untuk mundur tetapi khawatir akan mengakibatkan kekacauan. Mubarak mengatakan, dia tidak akan mencalonkan kembali pada pemilihan umum musim gugur ini. "Bagi saya ketidakpastian adalah takut tidak tahu siapa orang-orang yang akan menjadi penguasa," kata Ilczyszyn.

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement