Selasa 04 Jan 2011 06:01 WIB

2011, Pariwisata Genjot Target 7,7 Wisman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2011 sekitar 7,7 juta orang atau meningkat 10 persen dibanding 2010.

"Target dinaikkan dari 2010 yang sebesar tujuh juta wisman dengan devisa yang masuk dari belanja mereka sekitar 6,5 miliar dolar AS," kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik usai konferensi awal tahun di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Senin.

Jero Wacik menyebutkan, dari kunjungan 7,7 juta wisman itu diharapkan devisa yang diperoleh dari belanja wisman di Indonesia sekitar 8,5 miliar dolar AS. Ia menyatakan optimistis target itu akan tercapai karena didukung oleh beberapa faktor terutama keamanan terkendali dan persepsi dunia luar terhadap Indonesia yang positif.

"Promosi di berbagai negara menunjukkan persepsi mereka terhadap Indonesia bagus. Kalau target ini tercapai berarti akan mencata rekor baru lagi," katanya. Ia juga mengatakan, selama 2011, Indonesia akan menggelar sekitar 600 event berskala internasional yang dapat dimanfaatkan untuk menarik kunjungan wisman.

Jero Wacik yakin bahwa perkembangan pariwisata di Indonesia 2011 menunjukkan perkembangan positif. "Salah satu indikatornya adalah saat tahun baru, laporan dari berbagai daerah menunjukkan perkembangan baik. Tidak ada kejadian kriminalitas yang signifikan. Ini indikator bagus," katanya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement