Kamis 09 Dec 2010 06:10 WIB

BTN Gandeng Bank Mandiri Terbitkan Co-Brand Kartu Kredit

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bank Tabungan Negara (BTN) bekerjasama dengan Bank Mandiri menerbitkan kartu kredit co-brand BTN. Kartu kredit yang mulai efektif diterbitkan pada Januari 2011 tersebut, ditargetkan bisa mencapai 50 ribu kartu kredit sebagai permulaan. "Kita mengaharapkan sebanyak 50 ribu kartu kredit bisa diterbitkan tahun depan," kata Direktur Consumer Banking BTN Irman A. Zahiruddin di Jakarta, Rabu (8/12).

Sebelum memilih Bank Mandiri sebagai mitra kerja, ujar Irman, BTN sebelumnya sudah melakukan beauty contest terhadap 16 bank. Dia menambahkan, dalam kerjasama ini, nantinya Bank Mandiri akan bertindak sebagai pengelola operasional dan manajemen risiko kartu kredit. "Sedangkan BTN yang akan menerbitkan dan menjual kartu kreditnya," ungkap Irman.

Kartu kredit co-brand ini nantinya akan diterbitkan dalam tiga jenis kartu, yakni gold, silver dan platinum. Irman mengutarakan kartu kredit tersebut akan ditawarkan kepada existing nasabah BTN yang saat ini jumlahnya sudah mencapai enam juta orang. Irman juga menyampaikan alasan BTN melakukan co-brand kartu kredit karena untuk efisiensi cost salah satunya.

"Untuk bisnis kartu kredit itu kan membutuhkan jaringan tekhnologi dan sebagainya. Dana yang dibutuhkan sekitar 20 juta dolar AS. Nah, daripada kita mengeluarkan dana sebanyak itu, maka kita co-brand kartu kredit," jelas Irman.

Ditambahkan oleh Direktur Utama BTN Iqbal Latanro, ia mengatakan pola kerjasama co-brand kartu kredit BTN ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan potensi pengembangan bisnis nelalui data base nasabah BTN. "Ini untuk meningkatkan efisiensi biaya dan mempercepat penetrasi produk ini ke pasar," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini menyatakan pihaknya sudah berpengalaman sebagai partner strategis dalam kerjasama co-brand kartu kredit. "Dengan pengalaman dan kemampuan yang kita miliki, Bank Mandiri berharap dapat memberikan dukungan yang maksimal bagi kartu kredit co-brand BTN," ujarnya.

Bank Mandiri sudah berbisnis kartu kredit sejak tahun 2000 lalu. Hingga November 2010, Bank Mandiri sudah menerbitkan sebanyak 1,9 juta kartu kredit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement