Selasa 09 Nov 2010 23:47 WIB

Crafina akan Kembali Digelar Akhir November Ini

Crafina 2010
Crafina 2010

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi akan menggelar lagi pameran Resource of Indonesian Craft atau Crafina tahun ini. Rencananya Crafina akan dilangsungkan di Jakarta Convention Center pada 24–28 November 2010.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke Republika, panitia mengatakan crafina kali ini memakai tema craft as lifestyle. Ajang ini diharapkan tidak hanya mampu menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat yang dapat mewakili karakteristik masyarakat Indonesia, tetapi juga memberikan sarana promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia untuk memamerkan, mengenalkan, dan memasarkan hasil-hasil kerajinannya.

Melalui pameran ini, ujar panitia,  masyarakat luas juga diharapkan ikut mendukung perkembangan dan eksistensi produk kerajinan Indonesia serta sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi perajin, pengusaha, produsen craft (kerajinan tangan) Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas. Crafina merupakan pameran kerajinan yang memfokuskan pada produk-produk dengan kategori bahan dasar tekstil, mineral, fiber, dan kayu.

Melalui ajang ini pula, perajin, pengusaha, produsen, dan masyarakat diajak untuk mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia yang multikultural dan diharapkan mampu mengangkat originalitas produk craft Indonesia  sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang eksklusif dan memiliki nilai jual tinggi di pasar internasional.

Pameran ini akan diikuti oleh 154 perusahaan yang datang dari berbagai daerah dengan jumlah stan sebanyak 157 dan menempati area dengan lahan seluas 2.109 meter persegi yang terletak di Main Lobby dan Cendrawasih Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center. Jumlah kepesertaan ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebanyak 57 persen.

Crafina 2010 diharapkan mengalami peningkatan jumlah pengunjung maupun omzet penjualan retail dibandingkan tahun sebelumnya. Adapun target pengunjung naik sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 40.000 pengunjung, dan omzet yang diharapkan sebesar Rp 5,5 miliar. Pameran ini  akan menampilkan produk kerajinan yang lebih variatif dengan disain yang lebih eksklusif dan menarik.

Selain itu, Crafina tahun ini menyuguhkan ikon show case Seal of Excellence yang merupakan produk-produk kerajinan yang datang dari berbagai negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan dalam ajang UNESCO Award of Excellence for Handicrafts.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement