Sabtu 23 Oct 2010 00:49 WIB

Oversubscribe Saham Krakatau Steel Sampai Tiga Kali Lipat

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Saham PT Krakatau Steel (KS) yang bakal dilepas melalui pasar modal tampaknya bakal diburu investor. Mengacu pada hasil roadshow yang digelar manajemen KS di Singapura, Hong Kong, London, dan Amerika Serikat (AS), saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baja ini ditaksir oversubscribe sampai tiga kali lipat.

"Roadshow di dalam dan luar negeri terlalu sukses, (permintaan) sudah di atas Rp 7-8 triliun. Oversubscribe sampai tiga kali lipat," kata Presiden Komisaris KS, Zaki Anwar Makarim, di Jakarta, Jumat (22/10).

Ditambahkannya, investor asing yang berminat memiliki saham perdana KS lebih mengarah pada harga batas bawah, yakni kisaran Rp 800-1.000 per lembar saham. Sedangkan investor dalam negeri, ujar Zaki, menawar pada harga atas atau lebih tinggi. "Kalau investor asing itu (berminat) harga Rp 800-1.000, sedangakan (investor) lokal itu at any price. Mereka lebih ke harga paling tinggi di kisaran Rp 1.000-an ke atas," ungkap Zaki.

 

Dia juga menyampaikan, berdasarkan rangkaian roadshow yang dilakukan KS, sejauh ini porsi investor lokal yang berminat atas saham KS sebesar 60 persen, sisanya investor asing sebanyak 40 persen. Dari sekian banyak investor asing yang mengincar saham KS, dia menyebutkan salah satunya adalah Pohang Iron and Steel Corporation (Posco), perusahaan baja asal Korea. "Posco berminat saham KS, tapi belum tahu berapa porsinya. Senin (25/10), harga saham KS baru akan diumumkan".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement